Kumpulan Desain Rumah Sederhana Bagi Keluarga Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2016

Pondasi Terbaik untuk Struktur Tanah Gambut/ Rawa

Pondasi merupakan dasar dari seluruh kegiatan konstruksi, karena itu semakin baik pondasi yang kita buat maka  semakin baik pula kekuatan struktur bangunan kita. Tetapi dalam beberapa kasus tertentu misalnya, rumah yang akan kita bangun berdiri di atas tanah rawa, gambut atau tanah yang intensitas kandungan airnya lebih tinggi.

Ada 2 cara pembuatan pondasi yang biasa saya gunakan apabila akan membangun rumah di atas tanah gambut :

1. Pondasi Crucuk/ Trucuk
Pada metode pekerjaannya, kita menanamkan bambu, kayu ataupun baja pada galian pondasi sebagai "akar" dari lantai kerja pondasi.
























Seperti pada gambar yang saya ambil dari situs jasasipil.com di atas, bambu yang telah kita runcingkan ditanamkan pada dasar tanah hingga kedalaman yang dibutuhkan.

2. Pondasi Botol/ Tabung TV
Pada metode ini sering diperdebatkan karena tidak ada jaminan penghitungan sistematis pada proses pekerjaannya. Menurut saya, proses penanaman botol atau tabung tv pada galian pondasi sangat membantu menahan beban agar struktur tidak terganggu karena kondisi tanah yang intensitas airnya sangat tinggi.











( sumber : pnpmmpdriau.wordpress.com )

Tanamkan botol dalam kondisi terbalik dan sisakan bagian bawah botol sekitar 2-3cm pada galian pondasi sebelum membuat cor lantai kerja.
Cara ini sangat membantu apabila struktur tanah yang akan anda bangun sedikit basah, karena botol atau tabung tv akan lebih permanen menahan beban pondasi dari pada kayu atau bambu yang akan lapuk dalam waktu beberapa bulan.
Share:

8 komentar:

  1. Untuk pemakaian cerucuk kayu atau bambu bisa digunakan, katanya semakin rapat semakin bagus, tapi secara empiris harus diadakan penelitian kembali untuk jenis tanah gambut tertentu atau menurut pengalaman tukang di daerah yang bersangkutan!

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjungannya pak ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
    Mari sama-sama membangun hunian yang lebih layak untuk keluarga Indonesia.

    BalasHapus
  3. Saya pakai ban luar mobil,sy isi sm tanah urug sampai padat.

    BalasHapus
  4. Kedalaman pondasi setempat berapa kira2 gan?

    BalasHapus
  5. Saya dari Kalimantan barat...untuk kedalaman pondasi setempat 120cm
    Dengan jarak cerucuk 20 cm

    BalasHapus
  6. Setelelah pemasangan botol tersebut bisakah langsung di cor pondasi nya tanpa harus cor lantai kerja terlebih dahulu

    BalasHapus
  7. mau nanya pak...tanah saya rawa..sdh pondasi luar 2 meter...apakah jika saya uruk dulu trus pondasi apakah akan kuat....atau apakah sebaiknya saya pondasi dulu baru diuruk...

    BalasHapus

rumahindahminimalis.blogspot.com

Kumpulan Desain Rumah Minimalis

rumahindahminimalis.blogspot.co.id