Kumpulan Desain Rumah Sederhana Bagi Keluarga Indonesia

Jumat, 21 Oktober 2016

Apa Itu Rumah Minimalis?

"Apa itu rumah minimalis?"

Beberapa kali saya menerima proyek pembangunan rumah minimalis, beberapa klien saya sering menyebut kata "rumah minimalis" untuk mendeskripsikan rumah yang mereka inginkan. Tetapi saat saya balik bertanya tentang konsep "rumah minimalis" seperti apa yang mereka inginkan, masing-masing dari mereka memberikan deskripsi yang berbeda-beda tentang arti dari "rumah minimalis".

Seperti :
- Rumah dengan tekstur garis-garis pada tampak depan.
- Rumah dengan tambahan batu alam.
- Rumah yang bergandengan dengan rumah yang lainnya.
- Rumah dengan lahan sempit.
- Rumah tanpa halaman dan lain sebagainya.


( sumber : Google )

Apabila ditinjau dari kata dasar "minimalis" itu sendiri, menurut http://kbbi.web.id/ "minimal" bermakna sedikit-dikitnya/ sekurang-kurangnya atau bisa juga dimaknakan "sederhana".
Menurut saya konsep rumah "sederhana" sendiri tidak bisa dijadikan acuan untuk mendeskripsikan rumah minimalis. Contohnya, "rumah sederhana" versi si A berarti rumah yang setidak-tidaknya memiliki 2 kamar tidur dan kamar mandi serta dapur. Sedangkan "rumah sederhana" versi si B sendiri berarti rumah yang setidak-tidaknya memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, serta taman.  Dari contoh ini kita bisa lihat perbedaan konsep dari "rumah sederhana" bagi masing-masing individu.

Jadi apa yang dimaksud dengan rumah minimalis?.

Menurut kesimpulan para pelaku pekerjaan konstruksi, konsep "rumah minimalis" itu sendiri berarti "rumah yang sekurang-kurangnya/ setidak-tidaknya memiliki 1 ruang tamu, 1 ruang tidur, 1 kamar mandi serta dapur sehingga dapat menopang kebutuhan primer(papan) pemiliknya".

Jadi defenisi dari rumah minimalis itu sendiri tidak didasari pada corak, bentuk, lahan, dan posisi dari rumah tersebut, melainkan dari jumlah ruangan minimal yang dibutuhkan oleh 1 keluarga.
Share:

1 komentar:

  1. Nice post. Good Quality
    Artikelmu sangat bermanfaat. Aku suka!
    Raratravel & Tour.
    Melayani: Travel Jember Malang Surabaya/Juanda.
    Adapun Paket Wisata dan Ziarah Wali 5.

    BalasHapus

rumahindahminimalis.blogspot.com

Kumpulan Desain Rumah Minimalis

rumahindahminimalis.blogspot.co.id